Sabtu, 16 Januari 2016

Mari Mengenal Tanaman Ciplukan

Hai..Sudahkan anda mengenal tanaman Ciplukan? Yuk kita coba bicara masalah ciplukan.
Sekarang ini, ciplukan banyak dicari orang dikarenakan manfaatnya bagi kesehatan. Ciplukan dalam bahasa latin dikenal dengan nama Physialis Angulata. Ia merupakan salah satu jenis tanamn liar yang umum kita jumpai terutama di daerah sawah, tepian sungai dan bahkan hutan.

Bagi saya sendiri, tanaman ciplukan tidaklah asing. Saat dikampung dulu, seringkali saya dan teman-teman desa mencari ciplukan di ladang ataupun tepian sungai untuk diambil buahnya. Buah yang ukurannya relatif kecil ini rasanya manis saat sudah masak. Warnanya bisa berubah menjadi kucing kecoklatan.  

Bagi anda yang tinggal di perkotaan, mungkin masih belum terlalu familiar dengan tanaman ini. Tapi tak masalah, sekarang-sekarang ini, ciplukan bisa didapatkan baik secara online ataupun di pasar.

Tanaman ciplukan terdiri dari daun, buah, batang dan juga akar seperti tanaman lengkap lainnya. Kalau menurut saya, ia semacam tanaman perdu, dan tidak bisa tahan lama. 

Menurut berbagai sumber, ciplukan mempunyai manfaat yang luar biasa banyak. Akarnya bisa digunakan untuk mengobati diabetes melitus, sementara buahnya bisa digunakan untuk mengobati penyakit ayan atau epilepsi, penyakit paru-paru, sakit tenggorokan ataupun  sariawan dan gusi berdarah. Sementara seluruh bagian tumbuhan ciplukan bisa digunakan untuk tengatasi tekanan darah tinggi, reumatik, batuk rejan, bronchitis ataupun influenza.
Terus bagaimana caranya? Kalau untuk buah, kita bisa langsung memakannya. Sementara untuk daun, akar ataupun seluruh bagiannya bisa digunakan dengan cara dicuci, direbus dan kemudian diminum air rebusannya. Mudah dan sederhana ya? Iyaa..
Buat anda semua yang ingin mencoba, silakan ya. Biar manfaatnya lebih optimal, sebaiknya tidak meminum air rebusan setelah lebih dari 24 jam. Selamat mencoba yaa..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar