Jumat, 29 Januari 2016

Tes Masuk Kuliah S1 di UNDIP Tahun 2016: Kapan dan Bagaimana Jalurnya?

Tes Masuk Kuliah S1 di UNDIP Tahun 2016: Kapan dan Bagaimana Jalurnya? Tak terasa sebentar lagi proses penerimaan mahasiswa baru di berbagai universitas negeri di Indonesia akan dimulai. Tentunya, banyak pembaca yang pengin tahu informasi prosedur pendaftaran, tes dan sebagainya.

Berikut saya coba tuliskan informasi pendaftaran seleksi mahasiswa baru di Universitas Diponegoro atau dikenal dengan singkatan UNDIP khusunya adalah untuk program sarjana (S1). Universitas ini ada di Kota Semarang, dan masuk dalam jajaran universitas-universitas favorit di Indonesia.


1) Seleksi S1 Jalur SNMPTN Secara Nasional

Untuk program S1, seleksi SNMPTN dilakukan secara nasional.  Seleksi ini dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2016 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia mengikuti pola ini dalam satu sistem yang terpadu. Target dari seleksi ini adalah para siswa yang berprestasi di sekolahnya masing-masing.

Pelaksanaan SNMPTN 2016 mulai dibuka tanggal 29 Februari 2016 -  12 Maret 2016. Bagi peserta yang mengikuti seleksi ini, semua biaya ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Informasi detail tentang SNMPTN 2016 bisa di akses di web site resmi SNMPTN 2016 di www.snmtpn.ac.id.


2)  Seleksi S1 Jalur SBMPTN

Seleksi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah selekasi melalui jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Seleksi ini dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia.

Bagi siswa yang berminat mengikuti seleksi ini, pendaftaran mulai dibuka tanggal 25 April - 9 Mei 2016 (Test berbasis CBT) dan tanggal 25 April - 20 Mei 2016 (Test berbasis PBT/Tertulis).

Untuk mengikuti ini seleksi ini biaya pendaftaran ditanggung peserta seleksi.

3) Seleksi S1 Jalur Ujian Mandiri (UM)

Seleksi Ujian Mandiri (UM) adalah seleksi yang khusus dilakukan oleh UNDIP dibawah tanggung jawab Rektor UNDIP. Bentuknya adalah tes tertulis. Siswa yang mengikuti seleksi ini harus menanggung biaya pendaftaran.

Pendaftaran UM akan dilakukan secara online dimulai pada 27 April 2016 - 22 Mei 2016.

Bagi pembaca sehatbugarr yang ingin mengetahui informasi lebih jauh tentang jalur seleksi S1 UNDIP bisa mengakses infonya di http://um.undip.ac.id.

Demikian info saya mengenai jalur seleksi dan waktu pendaftaran ujian masuk UNDIP tahun 2016 untuk program Sarjana (S1). Semoga bermanfaat. *nr

1 komentar:

  1. kalau tubel d3 ke s1 udah dibuka apa belum untuk tahun 2016

    BalasHapus