Sabtu, 16 Januari 2016

Radang Tenggorokan, Apa Obatnya?

Kurang lebih seminggu lagu, ane [saya-red] mengalami gangguan tenggorokan alias radang. Kurang tahu awal mulanya, tahu-tahu begitu bangun tidur tenggorokan terasa beda, ada sedikit rasa yang aneh saat digunakan untuk menelan, contoh paling sederhana ya pas menelan ludah [:D].  

Rasa apa to? Tak lain dan tak bukan ya sedikit nyeri atau sakit begitu lah istilahnya.
Menurut referensi yang ane baca si, istilah medis untuk radang tenggorokan adalah faringitis. Ini merupaka istilah untuk peradangan yang terjadi pada bagian belakang tenggorokan (faring).
Faringitis bisa terjadi karena infeksi ataupun non infeksi. Kalau yang infeksi biasanya karena virus atau bakteri. Sementara yang non infeksi bisa karena iritan ataupun alergi. 
Kalau pada kasus yang ane alami, kayaknya si karena virus, soalnya ini penyebab yang paling umum dialami, seperti batuk ataupun pilek. Dan ada sekiti demam juga yang ane alami waktu itu. Dikit si, swear..

Terus mesti gimana coba solusinya? Nah, berdasarkan info di salah satu blog dokter, kalau radangnya karena virus, bisa coba dibiarkan saja dulu kok [katanya], nanti juga sembuh. Hehe.. 

Tapi...., menurut infonya ya, perbanyak minum yang hangat-hangat dan hindari makanan yang panas, pedas, berminyak dan sejenisnya. No coffee, no soft drink, etc etc.. 

Nah, tips inilah yang ane coba. Selama beberapa hari ane tidak makan makanan pedas, berminyak dan makanan yang rasanya ‘frontal’ lainnya. Sebenarnya ane suka gorengan, tapi karena sedang dalam satu misi, maka ane tidak makan tu gorengan. Sambel juga, haha.. 

Selain itu minumnya juga minuman hangat, air putih yang didalamnya ada perasan air jeruk lemon plus sedikit madu. Jeruk lemon kan biasanya gedhe-gedhe tuh, cukup ambil satu iris aja, dan campurkan ke air hangat satu gelas ukuran standar. Terus ane minum lumayan rutin tu minuman, pagi, siang ataupun malam. 

Trus gimana hasilnya? Wow wow, alhamdulillah, hanya dalam waktu 2,3,4 hari, radangnya bisa sembuh. Ga sakit lagi kalau buat nelan. Cetarrr kan? Jadi tanpa obat, ane bisa menemukan kenyamanan kembali dalam hidup ini. Hahaha.. 

Ya mungkin ada dari kalian yang mengalami masalah yang sama, dicoba saja. Sapa tahu berhasil. Okay? Sampai ketemu lagi di cerita yang lain yaa.. Salam.. [nr]  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar