Jumat, 05 Februari 2016

Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Makanan Penambah Trombosit

demamberdarah.org

Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Makanan Penambah Trombosit. Saat ini di Indonesia, tengah terjadi peralihan musim dari kemarau ke hujan. Pada masa transisi ini, banyak ditemukan berbagai macam jenis penyakit yang tentunya bisa menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satu penyakit yang marak di masa transisi musim ini adalah Demam berdarah dengue atau biasa disingkat DBD.

Di postingan ini, saya coba menuliskan beberapa informasi penting tentang DBD yang saya ambil dari berbagai sumber, termasuk diantaranya adalah dari medikus.com dan okezone.com. 

DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue.  Virus ini ditularkan ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang berfungsi sebagai vektornya (pembawa). Selain Aedes aegypti, jenis nyamuk lain yang bisa menularkan adalah Aedes albopictus dan Aedes plynesiensis. 

Gejala DBD
Orang yang terkena DBD akan menunjukan beberapa gejala. Gejala awal DBD mirip dengan infeksi virus pada umumnya, seperi demam, sakit kepala, nyeri otot, mual, dan muntah. Selain itu juga bisa muncul kulit kemerahan yang tampak seperti campak dan nyeri otot dan persendian.
demamberdarah.org

Nah, selain gejala umum seperti tersebut diatas, mereka yang terkena DBD juga mempunyai gelaja yang bisa dilihat atau dirasakan keluarga. Diantaranya adalah demam tinggi mendadak selama 2-7 hari. Demam ini umumnya bersifat bifasik (seperti pelana kuda), yakni panas akan turun di hari ke-3 atau ke-4 tetapi hari berikutnya naik lagi. Selain itu juga muncul ruam pada kulit dan ptekie yakni bintik merah kehitaman pada kulit  yang apabila kulit diregangkan warna tetap terlihat. Inilah merupakan ciri khas bintik kulit pada DBD karena bintik merah akibat penyakit lain atau gigitan nyamuk akan tidak terlihat jika kulit diregangkan. Mimisan (epistaksis) Muntah Darah (hematemesis) BAB berdarah biasanya berwarna hitam (melena)

Jika pembaca sehatbugarr mendapati anggota keluarga atau teman yang mengalami demam mendadak yang telah berlangsung selama 3 hari (apapun penyebabnya) sebaiknya langsung periksakan ke dokter. Bisa jadi ini merupakan gelaja Demam Berdarah Dengue (DBD) seperti yang tersebut diatas.

Makanan Penambah Trombosit 
Pasien demam berdarah dengue (DBD) akan mengalami penurunan jumlah trombosit dalam tubuhnya. Kondisi ini membuat si pasien lemah, sehingga perlu dilakukan usaha untuk menaikkan jumlahnya kembali.

Dikutip dari okezone.com, ada empat makanan yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah trombosit yang rendah secara alami dan wajib dikonsumsi setiap hari selama sakit.

1) Pepaya
Buah pepaya dan daunnya terbukti dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit yang rendah hanya dalam beberapa hari. Pada tahun 2009, para peneliti di Asian Institute of Science and Technology di Malaysia menemukan, jus daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit orang yang di terdiagnosa demam berdarah. Mereka yang terkena DBD dapat makan potongan buah pepaya manis yang kaya vitamin C selama dirawat.

2) Labu
Labu merupakan satu jenis sayuran yang membantu untuk meningkatkan jumlah trombosit yang rendah. Karena kaya vitamin A, tanaman pangan ini juga membantu mengatur protein yang diproduksi di dalam sel, yang penting untuk meningkatkan jumlah trombosit.

3) Bayam
Bayam merupakan sumber vitamin K yang sering digunakan untuk meningkatkan trombosit rendah. Vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah yang tepat. Dengan demikian, dapat mengurangi risiko perdarahan yang berlebihan.

4) Sayur dan buah kaya vitamin C
Untuk meningkatkan jumlah trombosit, kita perlu meningkatkan asupan vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat.  Vitamin C juga mencegah kerusakan dimediasi radikal bebas dari trombosit dan sebagai antioksidan alami. Makanan tinggi vitamin C itu antara lain seperti lemon, jeruk, tomat, melon, kiwi, paprika dan brokoli.

Demikian informasi tentang DBD, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

2 komentar:

  1. Ada Obat Herbal Alami yang aman & efektif. Untuk Panggilan Cure Total +2349010754824, atau email dia drrealakhigbe@gmail.com Untuk Janji dengan (Dr.) AKHIGBE hubungi dia. Pengobatan dengan Obat Herbal Alami. Untuk: Demam Berdarah, Malaria. Menstruasi yang Nyeri atau Tidak Teratur. HIV / Aids. Penderita diabetes. Infeksi vagina. Keputihan Vagina. Gatal Dari Bagian Pribadi. Infeksi payudara. Debit dari Payudara. Nyeri & Gatal pada Payudara. Nyeri perut bagian bawah. Tidak Ada Periode atau Periode Tiba-tiba Berhenti. Masalah Seksual Wanita. Penyakit Kronis Tekanan Darah Tinggi. Rasa sakit saat berhubungan seks di dalam Pelvis. Nyeri saat buang air kecil. Penyakit Radang Panggul, (PID). Menetes Sperma dari Vagina Serta Untuk jumlah sperma rendah. Penyakit Parkinson. Lupus. Kanker. TBC Jumlah sperma nol. Bakteri Diare.Herpatitis A&B, Rabies. Asma. Ejakulasi cepat. Batu empedu, Ejakulasi Dini. Herpes. Nyeri sendi. Pukulan. Ereksi yang lemah. Erysipelas, Tiroid, Debit dari Penis. HPV. Hepatitis A dan B. STD. Staphylococcus + Gonorrhea + Sifilis. Penyakit jantung. Pile-Hemorrhoid. Rematik, tiroid, Autisme, pembesaran Penis, Pinggang & Nyeri Punggung. Infertilitas Pria dan Infertilitas Wanita. Dll. Ambil Tindakan Sekarang. hubungi dia & Pesan untuk Pengobatan Herbal Alami Anda: +2349010754824 dan kirimkan email ke drrealakhigbe@gmail.com Catatan Untuk Pengangkatan dengan (Dr.) AKHIGBE. Saya menderita kanker selama setahun dan tiga bulan meninggal karena sakit dan penuh patah hati. Suatu hari saya mencari melalui internet dan saya menemukan kesaksian penyembuhan herpes oleh dokter Akhigbe. Jadi saya menghubungi dia untuk mencoba keberuntungan saya, kami berbicara dan dia mengirim saya obat melalui jasa kurir dan dengan instruksi tentang bagaimana meminumnya. Untuk kejutan terbesar saya minum obat herbal dalam waktu tiga minggu saya mendapat perubahan dan saya sembuh total . Saya tidak benar-benar tahu bagaimana itu terjadi tetapi ada kekuatan dalam pengobatan herbal Dr Akhigbe. Dia adalah dokter jamu yang baik.

    BalasHapus
  2. Saya didiagnosis Herpes 2 tahun yang lalu dan saya telah mencoba semua cara yang mungkin untuk mendapatkan obatnya tetapi tidak berhasil, sampai saya melihat sebuah posting di forum kesehatan tentang seorang Dokter Herbal (Dr Akhigbe) yang menyiapkan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan semua jenis. penyakit termasuk Herpes, pada awalnya saya ragu, apakah itu nyata tetapi memutuskan untuk memberinya percobaan, ketika saya menghubungi Dr Akhigbe melalui Emailnya: drrealakhigbe@gmail.com dia membimbing saya dan menyiapkan obat herbal dan mengirimkannya kepada saya melalui jasa pengiriman kurir, ketika saya menerima paket (jamu) Dia memberi saya petunjuk tentang cara mengkonsumsinya, saya mulai menggunakannya seperti yang diperintahkan dan saya berhenti mendapatkan wabah dan luka mulai menghilang, bisakah Anda percaya saya sembuh dari virus mematikan ini dalam dua hingga tiga minggu dan pemberitahuan perubahan di tubuh saya. Berhari-hari menggunakan PEMULIHAN ini, tidak bisa mempercayai penyembuhan pada awalnya sampai saya melihatnya sebagai HERPES saya sembuh seperti sihir Dr Akhigbe juga menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit seperti, HIV, HERPES, KANKER, ALS, PENYAKIT KRONIS, PENYAKIT JANTUNG , LUPUS, ASTHMA, DIABETES HEPATITIS A DAN B.ECZEMA, BACK PAIN, INFEKSI EKSTERNAL, ASTHMA, MALARIA, DEMAM BERDARAH, BACTERIA DIARRHEA, RABI, PROGERIA, MENINGITIS, EPILEPSI, STONE, GULA HULU, GELOMBANG HUBUNGI JUGA, GULA HAK THYROID, DINGIN & FLU, PENYAKIT GINJAL, ACME. API LUKA. dll. Hubungi dokter herbal yang hebat ini hari ini bapak obat herbal. via Email: drrealakhigbe@gmail.com atau whatsapp dia +2349010754824 dan sembuh secara permanen. Dia nyata..website: https: drrealakhigbe.weebly.com

    BalasHapus